Tuesday, September 27, 2016

Cara Pengetikan Data Nilai di MS Excel

Jika anda mengetik atau menuliskan data pada lembar kerja Excel atau dikenal dengan istilah worksheet maka program ini secara otomatis akan membedakan tipe data data apakah termasuk nilai, tanggal atau waktu, teks, atau formula. Untuk lebih jelasnya simak data berdasarkan tipe di bawah ini.


Mengetik Data Nilai  

Saat anda mengetikan beberapa deret angka numeric dalam sel maka oleh MS Excel akan ditafsirkan sebagai nilai data. Meskipun demikian data nilai ini dapat disisipi beberapa simbol atau karakter antara lain :

Simbol negatif (-) jika diketik diawal angka maka MS Excel akan menafsirkan sebagai angka negatif

Simbol Positif (+) bila diketik di depann angka maka MS Excel akan menafsirkan sebagai angka positif namun simbol itu biasanya akan dihilangkan.

Simbol kurung ( () ) bila diketik melingkupi angka positif maka MS Excel akan menafsirkan sebagai angka negatif jadi sama seperti simbol negatif.

Simbol persen (%) bila diketik di belakang angka maka MS Excel akan menafsirkan angka itu sebagau persentase juga akan ditafsirkan sebagai numeric persen.

Simbol mata uang seperti dollar ($) jika ditulis di depan angka maka MS Excel akan menafsirkan sebagai mata uang.

Simbol pemisah ribuan ( seperti tanda koma atau titik ) jika diketik dalam deret angka ribuan maka akan ditafsirkan sebagai tipe numeric misalnya saja angka 5,600 maka akan ditafsirkan sebagai nilai tetapi tidak untuk 56,00.

Simbol notasi ilmiah jika diketik diantara deret angka maka akan dibaca oleh MS Excel sebagai nilai notasi ilmiah misalnya huruf E yang diketik ditengah deret seperti 8.4E7 maka akan ditafsirkan dengan 8.4e+07 dan hasilnya 84000000

Selamat Mencoba

No comments:

Post a Comment